Untitled Document
» KAJIAN BIAYA PELAKSANAAN PENYERBUKAN BANTUAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI AFDELING IV KEBUN SAWIT LANGKAT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV
   0901645,AHMAD ZAINUDDIN
   

Ahmad Zainuddin. Kajian Biaya Pelaksanaan Penyerbukan Bantuan/ Assisted Pollination Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) Di Afdeling IV Kebun Sawit Langkat PTPN IV. Penelitian dilaksanakan Di PTPN IV, yang berlangsung  dari bulan mei sampai juni 2013.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya pelaksanaan penyerbukan bantuan di perkebunan kelapa sawit (Elaeis guinensis jacq)  DI PTPN IV.

            Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisa deskriptif (pengambilan data) yaitu mengetahui biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan penyerbukan bantuan kelapa sawit di perkebunan kelapa sawit. Yang meliputi alat dan bahan dalam pelaksanaan penyerbukan bantuan, kemudian HK pekerjanya yaitu para penyerbuk dan pengumpul serbuk sari.

            Waktu pelaksanaan penyerbukan bantuan ini dimulai pada tanaman kelapa sawit telah berumur lebih dari 24 bulan atau telah memasuki TBM 3. Penyerbukan bantun dilakukan apabila serangga penyerbuk kurang mampu melakukan penyerbukan secara alami. Barulah penyerbukan bantuan tersebut dapat dilakukan dengan memperkerjakan karyawan yang telah terlatih.

            Karyawan tersebut meliputi 3 orang karyawan wanita untuk melakukan penyerbukan dan 2 orang karyawan untuk melakukan pengumpulan serbuk sari. Dan setelah dilakukan penelitian ini maka dapat diperoleh biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan penyerbukan bantuan rata-rata sebesar Rp. 18.193,9/ha. 

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 19919 Kb Detail
2 ABSTRAK 6808 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :