Untitled Document
» UJI SERAPAN HARA N PADA APLIKASI PUPUK KOMPOS SAMPAH ORGANIK DAN PUPUK MAJEMUK DENGAN MEDIA TANAH ULTISOL TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN NURSERY
   1601263,YOEMAS BRILLIAN TARIGAN
   

YOEMAS BRILLIAN TARIGAN. UJI SERAPAN HARA N TERHADAP APLIKASI PUPUK KOMPOS SAMPAH ORGANIK DAN PUPUK MAJEMUK PADA PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN NURSERY. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan Dibimbing oleh Ingrid Ovie Yosephine S.P., MSc. dan Sri Murti Tarigan S.P., M.P.

Kompos adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa bahan organik yang dapat memperbaiki sifat fisik dan struktur tanah, meningkatkan daya menahan air, kimia tanah dan biologi tanah. Unsur hara makro yang terkandung dalam kompos antara lain nitrogen (N), fosfor(P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), belerang (S). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kompos sampah organik dan pupuk majemuk (NPK) terhadap pertumbuhan vegetatife tanaman dan serapan hara N tanaman pada pembibitan utama (Main Nursery) kelapa sawit.

Penelitian ini dilaksanakan di areal Pembibitan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan Medan dan Laboratorium Sentral Fakultas Pertanian Univeristas Sumatera Utara. Waktu penelitian di mulai pada bulan Desember sampai bulan Juli 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 2 faktor yaitu Faktor 1 Kompos Organik Sampah Pasar dan Faktor 2 yaitu Pupuk Majemuk (NPK) 16:16:16 dengan ulangan 3x dengan jumlah tanaman per plot 2 tanaman, jumlah polybag keseluruhan adalah 54 polybag. Pengujian parameter disusun daftar Sidik Ragam atau Uji Analysis of Variance (ANOVA) dengan taraf 5% dan 1% dan dialnjutkan dengan Uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%.

Hasil menunjukkan bahwa perlakuan kompos organik sampah pasar dan pupuk majemuk berpengaruh nyata terhadap parameter yang diamati seperti tinggi     bibit (cm), jumlah daun (helai), berat basah akar (gr), berat kering akar (cm), berat basah tajuk (gr), berat kering tajuk (gr). Namun tidak berpengaruh nyata terhadap Lingkar batang (cm) dan serapan hara N (%).

Kata Kunci  :  Sampah Organik Pasar, Main Nursery, Kelapa Sawit, Serapan Hara N

 

 

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 26395 Kb Detail
2 ABSTRAK 232558 Kb Detail
3 DAFTAR ISI 355395 Kb Detail
4 DAFTAR TABEL 109051 Kb Detail
5 DAFTAR GAMBAR 239449 Kb Detail
6 BAB I 278807 Kb Detail
7 BAB II 565167 Kb Detail
8 BAB III 410047 Kb Detail
9 DAFTAR PUSTAKA 292842 Kb Detail
10 LAMPIRAN 2597012 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :