Untitled Document
» UJI POTENSI EKSTRAK CENGKEH (Syzygium aromaticum) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI TERHADAPPENGENDALIAN ULAT API (Setothosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)
   1501155,PUTRA YUDHA PRATAMA LIMBONG
   

PUTRA YUDHA PRATAMA LIMBONG. UJI POTENSI EKSTRAK CENGKEH (Syzygium aromaticum) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA ULAT API (Setothosea asigna). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Sulthon Parinduri, S.P., M.Si. dan Megawati Siahaan, S.P., M.P.

Dalam budidaya tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq), Pengendalian hama dan penyakit perlu dilakukan karena hama dan penyakit berpengaruh terhadap hasil produksi buah. Salah satu jenis hama yang mengganggu tanaman kelapa sawit adalah ulat api (Setothosea asigna). Dengan membuat pestisida alami yang dilakukan dengan proses maserasi, selanjutnya dengan uji potensi ekstrak cengkeh (Syzygium aromaticum) terhadap hama ulat api (Setothosea asigna) sehingga dapat menekan perkembangan hama ulat api (Setothosea asigna).

Syzygium Aromaticum memiliki kemampuan untuk menyebabkan kematian pada serangga hama karena mengandung bahan kimia seperti eugenol, eugenol asetat, kariofilen, sesquiterpenol dan naftalen. Berbagai hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan eugenol pada tanaman ini dapat digunakan sebagai fungisida, bakterisida, nematisida, dan insektisida.

Penelitian ini dilaksanakan di lahan Penelitian Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan dan Laboratorium Fakultas MIPA-USU. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2019.

Pada pengamatan 1 HSA berpengaruh nyata terhadap mortalitas ulat api, dengan rata-rata mortalitas tertinggi yaitu 80% terdapat pada konsentrasi 30% yang berbeda nyata dengan P2, P1, dan P3. Pada 2 HSA berpengaruh sangat nyata terhadap mortalitas ulat api, dengan mortalitas tertinggi terdapat pada konsentrasi 15%, 20%, dan 30% dengan rata-rata mortalitas 100% terhadap taraf P0 (kontrol) dengan rata-rata mortalitas 0%.

Kata kunci: Syzygium aromaticum, Setothosea asigna, Pengendalian alami.

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 12780 Kb Detail
2 ABSTRAK 87449 Kb Detail
3 DAFTAR ISI 90984 Kb Detail
4 DAFTAR TABEL 84390 Kb Detail
5 DAFTAR GAMBAR 85433 Kb Detail
6 BAB I 162824 Kb Detail
7 BAB II 301875 Kb Detail
8 BAB III 204851 Kb Detail
9 DAFTAR PUSTAKA 89607 Kb Detail
10 LAMPIRAN 1660551 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :