Untitled Document
» UJI POTENSI EKSTRAK DAUN GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA ULAT KANTONG (Metisa plana)
   1501075,RAPLY SITORUS
   

RAPLY SITORUS, 2019. UJI POTENSI EKSTRAK DAUN GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA ULAT KANTONG (Metisa plana) Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh M.Yusuf Dibisono, SP.,MP dan Hardy Wijaya, SP.

Gangguan hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit merupakan masalah penting diperkebunan kelapa sawit, keberadaanya dapat menimbulkan kerusakan tanaman. Ulat pemakan daun kelapa sawit (UPDKS) terdiri dari ulat api, ulat kantong dan ulat bulu. Jenis UPDKS yang sering menimbulkan kerugian di perkebunan kelapa sawit. Hama ulat kantong (M. plana) merupakan jenis ulat kantong yang menyerang tanaman kelapa sawit, penyebarannya cepat sekali pada daerah yang monokultur. Hama ini biasanya memakan bagian atas daun, sehingga akan mengering yang digunakan sebagai bahan pembuatan kantong ulat tersebut.

Pengendalian ulat kantong dapat dilakukan dengan cara mekanis, biologi maupun kimia tergantung pada intensitas serangannya. Untuk intensitas ringan, serangan ulat kantong dapat diatasi dengan mengambil ulat kantong yang ada pada tanaman kelapa sawit yang terserang secara manual (hand picking). Untuk pengendalian secara hayati dapat dilakukan dengan menggunakan musuh alami seperti predator, patogen hama/entomopatogen atau parasitoid. Pengendalian Hama Terpadu sesuai dengan Inpres No. 3 Tahun 1998, maka alternatif yang perlu dikembangkan adalah pestisida nabati (pestisida botani) yang merupakan produk alam yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan residu.

Penelitian ini dilakukan di Lahan areal percobaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan, pada bulan Februari – Juli 2019. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi ekstrak daun gambir (U. gambir Roxb) dalam mengendalikan hama ulat kantong (M. plana). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Ancak Kelompok (RAK) Non Faktorial.

Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi ekstrak daun gambir (U. gambir Roxb) dengan konsentrasi 32% efektif mengendalikan ulat kantong dengan tingkat mortalitas 100% pada pengamatan 6 HSA serta menekan intensitas serangan 9,15%.

Kata kunci : Biopestisida, Uncaria gambir Roxb, Metisa plana.

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 18920 Kb Detail
2 ABSTRAK 34409 Kb Detail
3 DAFTAR ISI 121069 Kb Detail
4 DAFTAR TABEL 30378 Kb Detail
5 DAFTAR GAMBAR 31415 Kb Detail
6 BAB I 42232 Kb Detail
7 BAB II 232943 Kb Detail
8 BAB III 249379 Kb Detail
9 DAFTAR PUSTAKA 99168 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :