Untitled Document
» UJI POTENSIEKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona muricata Linn) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI TERHADAP TINGKAT KEMATIAN ULAT API (Setothosea asigna)
   1301147,JONATHAN BUTARBUTAR
   

JONATHAN BUTARBUTAR. UJI POTENSI    EKSTRAK DAUN SIRSAK (Annona  muricata  Linn) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI TERHADAP TINGKAT KEMATIAN  ULAT API (Setothosea asigna). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Sulthon Parinduri, S.P., M.Si. dan Hardy Wijaya, S.P.

Penggunaan insektisida sintetis yang berlebihan dan tidak tepat dapat menyebabkan dampak negatif yang cukup serius, yaitu timbulnya resurgensi hama, outbreak hama sekunder dan pencemaran lingkungan hidup. Jika masih diperlukan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dengan menggunakan pestisida, maka dapat dipilih pestisida yang berasal dari bahan-bahan nabati atau dikenal dengan nama pestisida nabati.

Secara umum, pestisida nabati diartikan sebagai suatu pestisida yang bahan dasarnya dari tumbuhan yang relatif mudah dibuat dengan kemampuan dan pengetahuan terbatas. Karena terbuat dari bahan alami atau nabati, maka jenis pestisida ini bersifat mudah terurai (bio-degradable) di alam, sehingga tak mencemari lingkungan dan relatif aman bagi manusia dan ternak peliharaan, karena residu (sisa - sisa zat) mudah hilang.

Penelitian dilakukan di Afdeling IV Kebun Tanah Raja PT. Perkebunan    Nusantara III (persero), dan Laboratorium FMIPA Universitas Sumatera    Utara (USU). Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2017.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Non Faktorial dengan perlakuan konsentrasi ekstrak daun sirsak 15%, 30%, 45% dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan sehingga total keseluruhan 12 perlakuan.

Hasil pengamatan menunjukan pada pengamatanhari ke-4 setelah aplikasi terlihat bahwa mortalitas tertinggi terdapat pada seluruh perlakuan, yaitu S1(dosis 15%), S2(dosis 30%), S3(dosis 45%)mencapai (100%), yang berbeda sangat nyata dengan perlakuan kontrol yang merupakan mortalitas terendah yaitu (0%).

Kata kunci : Potensi ekstrak daun sirsak sebagai pestisida nabati

 

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 15473 Kb Detail
2 ABSTRAK 8173 Kb Detail
3 DAFTAR ISI 91328 Kb Detail
4 DAFTAR GAMBAR 88120 Kb Detail
5 DAFTAR TABEL 84072 Kb Detail
6 BAB I - V 761889 Kb Detail
7 DAFTAR PUSTAKA 89432 Kb Detail
8 LAMPIRAN 2106663 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :