Untitled Document
» EFEKTIVITAS INSEKTISIDA NABATI BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L) TERHADAP LARVA KUMBANG TANDUK (Oryctes rhinoceros) DI RUMAH KASA
   1301209,SULASTRI BR. NAIBAHO
   

Sulastri Br. Naibaho. Uji Efektivitas Insektisida Nabati Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L) Terhadap Larva Kumbang Tanduk (Oryctes Rhinoceros) Di Rumah Kasa. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh pembimbing I Guntoro, S.P.,M.P. Pembimbing II Ir. Nuraida, M.P.

Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis) tergolong tanaman tahunan yang kuat, namun tanaman ini tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman kelapa sawit adalah kumbang, ulat api, ulat kantong, belalang, dan rayap. Diantara hama-hama tersebut yang sering menyerang di areal tanaman kelapa sawit adalah hama kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros). Budidaya tanaman kelapa sawit sering sekali mengalami gangguan serangan hama, khususnya kumbang tanduk (O. rhinoceros) pengaruh dari serangan tersebut mengakibatkan produktifitas tanaman mengalami penurunan. Berdasarkan hal ini maka diperlukan penelitian dengan menggunakan insektisida nabati dengan ekstrak buah mengkudu agar larva oryctes rhinoceros cepat mati.

Penelitian ini dilaksanakan di areal perkebunan STIPAP. Waktu penelitian mulai, dari bulan Juni-Juli 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial, dengan 4 perlakuan dan 4 kali ulangan.Pengujian parameter disusun pada daftar sidik ragam dan dilakukan Uji Duncan dengan taraf 5%.

Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa konsentrasi  yang efektif dalam mengendalikan  larva  O.  rhinoceros adalah konsentrasi 60 ml  dengan persentase mortalitas 82,5% pada hari ke 28 setelah aplikasi. Cepatnya terjadi mortalitas pada perlakuan M3 (60 ml) disebabkan karena larutan insektisida yang diaplikasikan lebih banyak, sehingga mortalitas larva cepat terjadi karena semakin banyak insektisida di aplikasikan maka mortalitas semakin cepat.

Kata kunci : Larva Oryctes rhinoceros, Insektisida Nabati, Buah mengkudu

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 13900 Kb Detail
2 ABSTRAK 85973 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :