Untitled Document
» UJI POTENSI EKSTRAK DAUN SRIKAYA (Annona squamosa) TERHADAP TINGKAT KEMATIAN HAMA ULAT API (Setora nitens)
   1301157,PATRICK AMADIS GINTING MUNTHE
   

PATRICK AMADIS GINTING MUNTHE, “UJI POTENSI EKSTRAK DAUN SRIKAYA (ANNONA SQUAMOSA) TERHADAP TINGKAT KEMATIAN HAMA ULAT API (SETORA NITENS)” Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan di bimbingan oleh Bapak Sulthon Parinduri, S.P., M.Si sebagai pembimbing I dan Bapak HardyWijaya, S.P sebagai pembimbing II.
Gangguan hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit merupakan masalah penting diperkebunan kelapa sawit, keberadaanya dapat menimbulkan kerusakan tanaman. Salah satu jenis hama yang mengganggu tanaman kelapa sawit adalah hama ulat api (Setora nitens). Dengan membuat pestisida alami yang dilakukan dengan proses maserasi, selanjutnya dengan uji potensi ekstrak daun srikaya (Annona squamosa), terhadap ulat api (Setora nitens) sehingga dapat menekan perkembangan hama ulat api (Setora nitens).
Penelitian ini dilakukan di areal Afdeling IV Kebun Tanah Raja PT. Perkebunan Nusantara III (persero) yang berlangsung dari bulan Agustus hingga September 2017. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok dengan 3 ulangan non faktorial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mortalitas ulat api perlakuan ekstrak daun Srikaya Annona squamosa pada pengamatan 1HSA tidak berpengaruh nyata terhadap mortalitas ulat api pada berbagai dosis. Sedangkan pada 2HSA terlihat berpengaruh sangat nyata terhadap mortalitas ulat api.
Dari hasil uji beda rataan (DMRT) dapat di lihat bahwa mortalitas yang tertinggi terdapat pada taraf S3 yang berbeda sangat nyata dengan S0, S1 dan S2. Pada 3HSA berbagai dosis tidak berpengaruh nyata terhadap mortalitas ulat api, akan tetapi dapat dilihat ada kecendrungan tingkat kematian tertinggi terdapat pada taraf S3 dengan nilai rataan yang tertinggi yaitu 4.33 sehingga kelihatan mortalitas ulat lebih banyak di dosis 45%, kemudian di susul oleh S2 dan S3. Pada hari 4HSA dapat dilihat bahwa perlakuan aplikasi insektisida alami memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap mortalitas ulat api, dengan mortalitas yang tertinggi terdapat pada taraf S1, S2, dan S3 yang ke 3 nya berbeda sangat nyata dengan taraf S0.
Kata Kunci : Annona squamosa, Setora nitens, Ekstrak, Maserasi.

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 39417 Kb Detail
2 ABSTRAK 47786 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :