Untitled Document
» ANALISA PENGARUH SUHU AIR PENGENCER TERHADAP KINERJA VIBRATING SCREEN DALAM PEMISAHAN KOTORAN
   0602084,ZUL ASRI
   

Pada prinsipnya proses pengolahan kelapa sawit adalah proses ekstraksi CPO secara mekanis dari tandan buah segar kelapa sawit yang diikuti dengan proses pemurnian. Secara keseluruhan proses tersebut terdiri dari beberapa tahapan proses yang berjalan secara sinambungdan terkait  satu sama lain, kegagalan pada satu tahap proses akan berpengaruh langsung pada proses berikutny. Oleh karena itu setiap tahap prosesharus dapat berjalan dengan lancer sesuai dengan norma-norma yang ada. CPO yang dihasilkan dalam proses ekstraksi harus benar-benar memiliki mutu yang baik, karena akan lebih mudah memasarkan CPO tersebut kepada konsumen dengan harga yang sesuai dan mampu bersaing.

Salah satu factor yang mempengaruhi mutu CPO adalah kadar kotoran. Apabila kadar kotoran sangat besar maka akan mempengaruhi harga dan kualitas CPO. Ada beberapa jenis proses pemisahan kadar kotoran yang dilakukan di pabrik kelapa sawit, yaitu dengan  cara pengendapan, ceomTugot,dan saringan, salah satu instansi yang harus diperhatikan dalam proses pemisahan kadar kotoran adalah’’,vibrating screen adalah saringan getar yang berfungsi untuk memisahkan benda benda asing seperti pasir, serabut ataupun padatan lainnya yang masih tercampur pada minyak kasar.

Air pengencer diberikan pada screw pres dan oil gulter. Suhu air pengenceran yang diberikan diusahakan tetap panasnya 90-95oC. Suhu ini kadang-kadang tidak mendapatkan perhatian yang serius, karena tangki air panas berada ditempat yang lebih tinggi dari Digester. Sehingga pemanfaatannya lebih sulit.

Dari analisa data bahwa yang dilakukan di PTPN IV Gunung Bayu maka dapat disimpulkan bahwa pada suhu 88oC,89OC,91OC,92OC,93OC hasil pengurangan kadar kotoran berturut-turut adalah 4,01 %;4,25%;4,34% ;4,48%;4,63%. Dalam hal ini suhu air pengencer berpengaruh terhadap kinerja Vibrating Screen dalam proses pemisahan kadar kotoran. Semakin tinggi suhu semakin baik proses pemisahan kadar kotorannya. Untuk itu suhu harus dijaga konstan 90oC -95OC. 

 

No. Deskripsi Ukuran  
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :