Untitled Document
» ANALISA PENGARUH WAKTU TERHADAP KENAIKAN ASAM LEMAKA BEBAS ( ALB) PADA PERLAKUAN TANDAN BUAH SEGAR C( TBS) SEBELUM DAN SESUDAH DISTERALISASI DI PKS SAWIT LANGKAT PTPN IV( persero)
   0602075,SUPANDI
   

 Pengolahan tanda buah segar( TBS) harus segera diolah, begitu juga kesegaran tanda buah segar ( TBS) yang masuk ke pabrik harus sesuai dengan kreteria matang panen, sehingga bahan baku yang masuk ke pabrik harus diperhatikan kandungan asam lemak bebas( ALB) nya. Asam lemak bebas( ALB) terjadi kerena proses enzim hidrolisis dalam tandan buah segar ( TBS), yang disebabkan oleh enzim hidrolisis dalam tandn buah. Apabila dinding sel pecah atau rusak diakibatkan karena proses pembusukan ( pembusukan pelukaan mekanik), tergores ( memar), transportasi, juga perlakuan di pabrik, dan tanah. Karena tanah merupakan media pertumbuhan mikroba, maka adanya kotoran/tanah pada TBS akan meningkat pembentukan ALB. Adapun cara pelaksanaan dalam penelitian ini adalah mencari tandan buah segar( TBS) yang segar, lalu TBS dibiarkan hingga 1s/d 7 jam langsung dilakukan pengukuran hasil mutu untuk kadar asam lemak bebas dengan jumlah 8 sampel untuk tiap-tiap variable. TBS yang diambil adalah 5 tandan TBS dalam 5 hari, perharinya diambil variable TBS untuk masing masing sampel.

Berdasarkan pengamatan selama 5 hari kenaikan rata-rata ALB sebelum disterilisasi lebih meningkat yaitu 3,60%, bila dibandingkan rata-rata sesudah  disterilisasi yaitu 1,67%. Hal ini membuktikan bahwa didalam proses perebusan terjadi penonaktifan enzim yang dapat menghambat laju kenaikan ALB. Tetapi proses selanjutnya harus dijaga kadar ALB, karena enzim masih tetap aktif apabila bersigungan udara ( buah terluka), terkontaminasi logam, besi,tembaga, sinar matahari, dan air. Dapat dilihat kenaikan ALB sebelum disterilisasi dengan kenaikan ALB sesudah disterilisasi adalah konstan. Hal ini terjadi, karena ALB yang terdapat dalam minyak sawit merupakan hasil kerja enzim lipase, enzim pada umumnya tidak aktif lagi pada suhu dibawah 500C , namun untuk mengnonkatifkan perlu suhu di atas 750C. 

No. Deskripsi Ukuran  
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :