Untitled Document
» ANALISA OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA VERTICAL STERILIZER DAN HORIZONTAL STERILIZER DI PABRIK KELAPA SAWIT
   1202408,SAMUEL REINHARD IGNATIUS SITORUS
   

SAMUEL REINHARD IGNATIUS SITORUS ANALISA OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA VERTICAL STERILIZER DAN HORIZONTAL STERILIZER DI PABRIK KELAPA SAWIT. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dibimbing oleh Zulham Effendi, ST., M.Sc. Eng dan Ahmad Fauzi Harahap,  SST.

Pabrik Kelapa Sawit (PKS) merupakan pabrik yang mengolah Tandan Buah Segar (TBS) yang berasal dari kebun yang kemudian diolah dan menghasilkan Crude Palm Oil (CPO) dan Inti (Kernel). Untuk mendapatkan Crude Palm Oil dan Kernel, Tandan Buah Segar tersebut akan diolah dalam beberapa stasiun di dalam pabrik kelapa sawit antara lain stasiun penerimaan buah, stasiun perebusan, stasiun pemipilan (threshing), stasiun pengepressan, stasiun pemurnian minyak dan stasiun biji. Dalam proses pengolahan, Pabrik Kelapa Sawit tidak terlepas dari masalah kerusakan mesin, sehingga solusi untuk mengatasi kerusakan mesin dibutuhkan sebuah penerapan maintenance yang tepat agar mesin/peralatan pabrik dapat digunakan secara efektif dan efisien. Salah satu penerapan maintenance yang dapat diterapkan yaitu Total Productive Maintenance (TPM). Total Productive Maintenance adalah suatu prinsip maintenance untuk meningkatan produktifitas dan efisiensi produksi perusahaan dengan menggunakan mesin secara efektif. 

Penelitian ini dilaksanakan di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Dolok Ilir PT. Perkebunan Nusantara IV. Waktu penelitian selama 4 bulan, dari bulan Februari-Juli 2016. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengambilan data sekunder dari Pabrik Kelapa Sawit. Data sekunder yang diambil dari Pabrik Kelapa Sawit yaitu data maintenance pabrik, jam olah pabrik, jam jalan realisasi dan jam ideal, jam kerusakan dan perbaikan dan waktu dan siklus rebusan mesin Vertical Sterilizer dan Horizontal Sterilizer selama 3 bulan antara bulan Juli-September 2015. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis Overall Equipment Effectiveness (OEE), dan setelah mendapatkan hasil analisisnya, kemudian akan diidentifikasi penyebab kerusakan melalui diagram fishbone.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Overall Equipment Effectiveness mesin Vertical Sterilizer berkisar antara 73,18%-78,13% pada bulan Juli, 77,27%-78,52% pada bulan Agustus dan 82,94%-83,91% pada bulan September, sedangkan Overall Equipment Effectiveness mesin Horizontal Sterilizer berkisar antara 65,38%-66,70% pada bulan Juli, 59,71%-60,83% pada bulan Agustus dan 55,20%-55,97% pada bulan September.

Kata kunci : Total Productive Maintenance (TPM), Overall Equipment Effectiveness(OEE),           Diagram Fishbone, Pabrik Kelapa Sawit (PKS)

No. Deskripsi Ukuran  
1 COVER 95741 Kb Detail
2 ABSTRAK 85410 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :