Untitled Document
» Upaya Peningkatan Produksi Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq) Melalui Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit
   0501023,Harpan Pinem
   

HARPAN PINEM, Upaya Peningkatan Produksi Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis Guinensis Jacq) Melalui Aplikasi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit. Dibimbing oleh Mariani Sembiring, SP. MP dan Ir. Ebsan M. Sianipar, MMA.

Perkebunan kelapa sawit menghasilkan limbah yang lebih banyak dibandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya. Oleh karenanya pengelolaan limbah untuk komoditas ini perlu mendapat perhatian yang lebih besar. Limbah pada pabrik kelapa sawit, terutama dapat digolongkan menjadi dua yaitu limbah cair dan limbah padat. Dalam hal ini yang menjadi perhatian khusus adalah pada limbah cair pabrik kelapa sawit. Pada proses pengolahan buah kelapa sawit, setiap 1 ton tandan buah segar (TBS) dihasilkan produk utama sebanyak 200-220kg MSM dan 60 kg inti sawit. Disamping itu dihasilkan produk sampingan sebagai limbah yaitu sebanyak 230 kg tandan kosong kelapa sawit (TKS), 670 kg limbah cair, 120 kg serat mesocrap, 70 kg cangkang, dan 30 kg palm cernel cake.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi timbah cair PKS terhadap produksi kelapa sawit dan untuk mengetahui darnpak aplikasi limbah cair PKS terhadap sifat kimia tanah. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit (LCPKS) dengan menggunakan metode longbed system atau saluran parit irigasi (rorak) yang dibuat dengan panjang 250 m dan lebar 50 cm dan kedalaman 50 cm dimana dua buah rorak mengapit dua baris tanaman kelapa sawit. Luas lahan penelitian adalah 14 Ha, jumlah pokok 1442, kerapatan tanam 103/Ha dan asal bibit Sochfindo sebagai lahan pengkajian dan 14 Ha, jumlah pokok 1443, kerapatan tanam 103/Ha dan asal bibit dari Sochfindo adalah sebagai lahan kontrol. Dosis aplikasi limbah cair adalah 750 m3 /Ha/tahun dengan rotasi 55 hari. Penelitian ini dilaksanakan di PTP.Nusantara IV Kebun Pasir Mandoge padaAfdeling II dan III.

Hasil penelitian yang diperoleh dari aplikasi LCPKS di Kebun Pasir Mandoge pada Affdeling II dan III yang menjadi lahan penelitian, bahwasanya pH dapat diturunkan, C-Organik dan N-Total Tanah dapat ditingkatkan 1.56 % dan 2.50%, serta dapat meningkatkan produksi kelapa sawit mencapai 4.70%

No. Deskripsi Ukuran  
1 FULL PAPER 7745188 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :