Untitled Document
» KAJIAN BIAYA PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN KACANGAN PENUTUP TANAH (Mucuna bracteata) PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI AFDELING ALOER HITAM KEBUN DHARMA AGUNG PT. MOPOLI RAYA
   12011509,ERLINA HIDAYANTI
   

ERLINA HIDAYANTI, KAJIAN BIAYA PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN Mucuna bracteata DI KELAPA SAWIT (Elaeis  guineensis Jacq) AFDELING ALOER HITAM KEBUN DHARMA AGUNG PT. MOPOLI RAYA. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing Oleh Wagino, SP, MP dan Aulia Juanda Djaingsastro, S.Si., M.Si.

Mucuna bracteata adalah jenis tanaman penutup tanah yang digunakan untuk tanaman tahunan diantaranya di perkebunan sawit. Penanaman M. bracteata di areal perkebunan sawit bermanfaat untuk menekan pertumbuhan gulma, sehingga biaya untuk memberantas gulma menjadi berkurang.

Penelitian ini dilaksanakan di Afdeling  Alur Hitam PT. Mopoli Raya yang berlangsung dari bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya pembangunan Mucuna bracteata pada tanaman belum menghasilkan di kebun Aloer Hitam PT. Mopoli Raya.  Metode yang digunakan dalam pelaksanaan  ini adalah metode Analisa Deskriptif, yaitu mengumpulkan data sekunder di Afdeling  Aloer Hitam PT. Mopoli Raya.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa biaya untuk penanaman dan pemeliharaan kacangan penutup tanah Mucuna bracteata yang dikeluarkan di Afdeling Aloer Hitam PT.  Mopoli Raya  pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni dengan total biaya Rp 215.601.750 dengan biaya/Ha Rp 6.370.000.

 

Kata Kunci : Biaya, Mucuna bracteata, Kelapa Sawit

No. Deskripsi Ukuran  
1 Cover 106669 Kb Detail
2 Abstrak 7815 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :