Untitled Document
» KAJIAN PEMAKAIAN BIAYA PEMUPUKAN DI TANAMAN BELUM MENGHASILKAN KELAPA SAWIT DI KEBUN BANGUN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III
   12011467,ENDANG PERMANA SAMOSIR
   

ENDANG. KAJIAN PEMAKAIAN BIAYA TANAMAN BELUM MENGHASILKAN KELAPA SAWIT ( Elaies guineensis Jacq ) DI AFDELING I KEBUN BANGUN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan  Dibimbing oleh Wagino SP., MP dan Ir. Nong Safitri, M.Sc.

Melihat pentingnya Pemupukan diperkebunan Kelapa Sawit, dibutuhkan pengetahuan yang cukup dalam untuk kelancaran pemupukan di TBM. Didalam sistem pemupukan yang telah diatur dengan baik memerlukan sarana yang baik untuk memonitor efektifitas dan efisiennya.Agar tujuan dapat tercapai diperlukan pengetahuan dan ketelitian dalam perencanaan dan pelaksanaan kerja.

Penelitian ini dilaksanakan di Afdeling I Kebun Bangun PT. Perkebunan Nusantara III. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2016 sampai dengan bulan Juli 2016. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif yaitu dengan mengambil data sekunder tentang Pemupukan Tanaman Belum Menghasilkan Kelapa Sawit.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Biaya pemupukan per ha TBM kelapa sawit tahun tanam 2013 adalah senilai Rp. 9.418.558Secara rata-rata proporsi biaya pemupukan TBM yaitu untuk bahan adalah 94%, untuk tenaga adalah 4%, untuk transportasi adalah 2%.

 

Kata Kunci  :  Pemupukan Tanaman Belum Menghasilkan Kelapa Sawit (TBM)

 

 

No. Deskripsi Ukuran  
1 Cover 98553 Kb Detail
2 Abstrak 6346 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :