Untitled Document
» EFEKTIVITAS PENGENDALIAN HAMA ULAT KANTONG (Metisa plana) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DENGAN SISTEM INJEKSI BATANG DI AFDELING VI KEBUN BAH JAMBI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV
   12011384,FERI CRISTIAN PANGGABEAN
   

FERI CRISTIAN PANGGABEAN. EFEKTIVITAS PENGENDALIAN HAMA ULAT KANTONG (Metisa plana) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DENGAN SISTEM INJEKSI BATANG DI AFDELING VI KEBUN BAH JAMBI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Guntoro,SP.,MP. dan Sulthon Parinduri,SP.,M.Si.

      Ulat Pemakan Daun Kelapa Sawit (UPDKS) merupakan salah satu hama pengganggu dalam tanaman kelapa sawit. Salah satu hama dari UPDKS yang mengganggu adalah ulat kantong (Metisa plana). M. plana berkembang dengan memakan daun kelapa sawit sehingga merusak jaringan yang ada di daun kelapa sawit tersebut. Dengan rusaknya struktur jaringan pada daun, maka akan menggangu sistem transportasi unsur hara sehingga pendistribusian nutrisi  menjadi terhambat dan pohon akan terganggu sehingga berpengaruh terhadap produksi.

            Penelitian menggunakan metode penelitian analisa deskriptif dengan mengambil data – data sekunder di lokasi penelitian yaitu data sensus serangan ulat kantong dan data mortalitas ulat kantong mulai dari bulan Februari hingga bulan Mei. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas pengendalian hama ulat kantong M. plana dengan menggunakan alat injeksi batang pada tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq).

            Hasil dari penilitian terdapat penurunan populasi hama ulat kantong dengan rata – rata persentase mortalitas keempat pada bulan Februari 93,29% dengan rata-rata 3,65 ulat perpelepah, pada bulan Maret 93,73% dengan rata-rata 3,29 ulat perpelepah, pada bulan April 93,18% dengan rata-rata 3,41 ulat perpelepah, pada bulan Mei 92,36% dengan rata-rata 4,19 ulat perpelepah, dan dengan rata – rata mortalitas dari keseluruhan adalah 93,14% dengan rata-rata ulat keseluruhan 3,63 ulat perpelepah.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Ulat Kantong (Metisa plana), Injeksi Batang, Kelapa       Sawit (Elaeis guineensis Jacq)

 

 

 

No. Deskripsi Ukuran  
1 Cover 18957 Kb Detail
2 Abstrak 73441 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :