Untitled Document
» DAMPAK SERANGAN BUSUK PANGKAL BATANG TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq DI AFDELING IX KEBUN GUNUNG BAYU PTPN IV
   12011383,EGIANTO TARIGAN
   

EGIANTO TARIGAN. Dampak Serangan Busuk Pangkal Batang Terhadap Produktivitas Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) Di Afdeling IX Kebun Gunung Bayu PTPN IV. Dibimbing oleh Bapak DR. Ir. Ahmad Saleh, M.Sc. dan Bapak Guntoro, S.P., M.P.

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara IV Kebun Gunung Bayu yang berlangsung mulai bulan Juli hingga Agustus 2016. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak serangan busuk pangkal batang (Ganoderma boninense) terhadap produktivitas tanaman kelapa sawit di Afdeling IX Kebun Gunung Bayu PT. Perkebunan Nusantara IV.

Metode yang digunakan adalah analisa deskriptif yaitu pengambilan data sekunder yang dilakukan dengan mengambil data langsung dari lapangan yaitu data tingkat serangan G. boninense dan produksi Afdeling IX Kebun Gunung Bayu PT. Perkebunan Nusantara IV.

G. boninense sangat berpengaruh dalam penurunan populasi dan produksi tanaman kelapa sawit dilihat dari rata-rata SPH (Stand Per Hektar) pada tahun 2014 adalah 106, sedangkan di tahun 2015 menjadi 105 per hektar, dan persentase serangan di tahun 2014 yaitu 29,58 % dengan produksi per hektar adalah 21,06 ton sedangkan di tahun 2015 persentase serangan sebesar 30,46 % dan jumlah produksi mencapai 20,38 ton per hektar.

 

Kata kunci : Ganoderma boninense.

 

No. Deskripsi Ukuran  
1 Cover 13552 Kb Detail
2 Abstrak 85459 Kb Detail
       
Untuk Mendapatkan Full Content Silahkan Login Terlebih Dahulu :
Login
Username :
Password :